Senin, 19 Juli 2010

Berhitung

Meskipun sudah punya pengalaman membantu Hagi (sekarang kelas 4 SD) dalam mengenal penjumlahan dan pengurangan ketika masih di taman kanak-kanak, tetapi tetap saja aku 'bingung' he.... he... he...

Jurus andalan yang kupakai adalah mengenalkan perhitungan dengan cara susun ke bawah untuk nilai yang lebih dari 10.

Dengan menggunakan white board yang baru saja kubeli, kumulai pengenalan penjumlahan dengan susun ke bawah. Hanya satu kali contoh, Brein bisa langsung mengikuti.

Masalah datang ketika mengenalkan pengurangan. Benar-benar tidak ada ide, bahkan aku juga lupa bagaimana dulu aku mengenalkan ini kepada Hagi.
Ketika aku sedang membantu Brein melakukan pengurangan susun ke bawah, tiba-tiba Brein berkata,'Oh... aku tahu Bunda, begini, Brein punya 6 mainan Ultraman, trus dikasih ke teman-teman 4 mainan, jadi Brein tinggal punya 2 mainan Ultraman, ya.. kan?'

Benar-benar di luar dugaanku...akhirnya semua pengurangan berhasil dikerjakan dengan bantuan ULTRAMAN.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar